Sukses Seo Cara Membuat Sitemap WordPress


Setiap kali Anda melakukan posting artikel baru pada blog anda, apakan anda tahu bahwa search engine terbesar bernama google akan melakukan indexing terhadap konten blog anda secara cepat? 

Terkadang frekuensi kunjungan robot si Google untuk mengcrawl blog atau situs Anda tidaklah tentu. Misalkan pada hari ini terdapat kunjungan x kali, namun pada hari sebelumnya y kali. Sehingga misalkan pada hari ini Anda membuat postingan baru, bisa jadi besoknya baru terindeks atau bahkan beberapa hari ke depan. Wah payah juga kalo hal ini terjadi. 

Terkait dengan masalah di atas, kita coba teknik sukses seo pemula yaitu jemput bola, mengapa tidak kita beritahukan kepada Google bahwa kita baru saja memposting sebuah halaman yang baru? atau teknik ini semacam automatic notifier yang diberikan kepada Google bahwa ada halaman baru yang siap diindeks.

Lantas.. bagaimana caranya supaya Google tahu ada halaman baru di blog kita? Dalam dunia webmaster ada istilah ‘Sitemap’ atau ‘peta situs’. Perlu diketahui bahwa apabila dalam situs atau blog kita terdapat sitemap, maka hal ini akan membuat Google senang karena telah memudahkanya untuk mendapatkan halaman baru untuk diindeks. 

Sitemap yang bisa dibaca oleh Google ini berformat XML. Keterangan lebih lanjut mengenai format XML untuk Google Sitemap ini bisa dibaca di Google Webmaster Tool. Untuk membantu Cara Buat Sitemap Wordpress kita dapat menggunakan plugins yang nantinya akan mengenerate XML sitemap secara otomatis setiap kali Anda membuat postingan baru. 

Plugin ini bernama Google XML Sitemaps. Sitemap yang dihasilkan oleh plugin ini tidak hanya diperuntukkan untuk Google saja sebenarnya, namun bisa juga untuk search engine yang lain seperti MSN Live Search, dan Yahoo. 

Berikut ini saya akan sedikit jelaskan cara instalasinya di Wordpress :
  1. Silakan download terlebih dahulu pluginnya di http://wordpress.org/extend/plugins/google-sitemap-generator/
  2. Ekstraks plugin hasil download dan upload ke direktori wp-content/plugins di server Wordpress Anda
  3. Aktifkan pluginnya
  4. Bila sebelumnya Anda belum pernah membuat sitemap, silakan buat sitemapnya terlebih dahulu melalui menu SETTINGS > XML SITEMAP di panel administrator Wordpress.
  5. Kalau diperlukan, silakan ubah konfigurasi plugin melalui panel administrator tersebut
  6. Secara default, URL sitemap yang dihasilkan adalah http://blogAnda/sitemap.xml
Selanjutnya gimana? Langkah berikutnya adalah daftarkan URL sitemap yang dihasilkan ke Google. Gimana caranya?
  1. Buka Google Webmaster Tool di http://www.google.com/webmasters/tools/
  2. Bila Anda sudah mempunyai akun email di Google, maka langsung login saja menggunakan akun tersebut
  3. Daftarkan blog Anda di Google Webmaster Tool melalui dashboard setelah Anda login
  4. Selanjutnya klik menu SITEMAPS
  5. Isikan URL sitemap Anda pada kotak yang disediakan, misalkan http://blogAnda/sitemap.xml
  6. Klik tombol SUBMIT SITEMAP
  7. Selesai
Sekarang kita telah mencoba Cara Buat Sitemap Wordpress dengan bantuan plugins Google XML Sitemaps dan telah mendaftarkannya pada google.

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

Follow This Blog

 
Using Caribou Theme | Bloggerized by Themescook
This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...